Terima Aspirasi Demonstran, Aktivis Ini Sebut Herman Deru Harapan Kesejahteraan Buruh

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Sejumlah masa yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja/Buruh melakukan aksi demonstrasi di halaman kantor Gubernur, Senin (30/11) siang. Mereka menyampaikan aspirasinya terkait terkait dengan Upah Minimun Provinsi (UMP) Sumsel dan Upah Minimum Kabupaten/Kota di Sumsel. Kedatangan mereka pun disambut dan diterima langsung oleh Gubernur Sumsel, Herman Deru.

Dalam sambutannya, Herman Deru siap mengakomodir aspirasi kelompok buruh yang ada di Sumsel. Tak hanya itu, orang nomor wahid di Bumi Sriwijaya itu pun langsung mengintruksikan seluruh pemda di Sumsel untuk menunda penetapan keputusan UMK, agar dilakukan perundingan kembali atas masukan dan aspirasi buruh tersebut.

Read More

Respon cepat tanggap yang dilakukan Herman Deru tersebut berhasil meredam gejolak masa aksi. Bahkan sejumlah masa mengaku kagum dengan apa yang dilakukan oleh Herman Deru. Pasalnya, apa yang dikeluhkan kelompok buruh tersebut, beberapa diantaranya sudah ditetapkan, salah satunya upah minimum yang dinilai merugikan mereka.

“Saya menyambut baik bahwa cara-cara yang dilakukan oleh buruh di Indonesia khususnya di Sumsel ini adalah cara-cara yang sangat terhormat. Ini merupkan langkah bagus bagi kita, paling tidak kami dapat lebih mudah dan tenang dalam menyelesaikan persoalan ini,” ungkap Herman Deru, kemarin.

Arif Rahman, salah satu aktivis buruh di Kota Palembang menilai apa yang dilakukan Herman Deru sebagai kepala daerah sudah tepat. Menurutnya, sikap dan respon cepat dari kepala daerah sangat dibutuhkan, terutama pada momen-momen penting yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

“Terus terang kami belum merasa puas, karena upah minimum yang kami usulkan, termasuk subsidi setiap bulannya belum dipenuhi oleh pihak perusahaan. Apalagi kalau bicara UU Cipta Kerja, secara jelas kami menolak UU tersebut. Tapi dengan hadirnya pak Gubernur ditengah-tengah kami, semoga bisa menjembatani apa yang menjadi usulan dan tuntutan kami,” ungkap Arif kepada awak media, Selasa (01/12).

Lebih lanjut, Arif juga berharap Herman Deru mampu mewujudkan janjinya untuk meningkatkan kesejahteraan buruh. Pihaknya menyebut banyak pihak menitipkan harapannya kepada Herman Deru agar bisa hidup lebih layak dan sejahtera.

“Kami mohon agar pak Gubernur Herman Deru betul-betul mewujudkan apa yang telah disampaikan dihadapan publik yaitu meningkatkan kesejahteraan kelompok buruh. Bagaimanapun juga pak Herman Deru inilah harapan kami kelompok buruh,” pungkasnya.

Seperti diketahui, dalam Herman Deru menyampaikan sejumlah catatan saat menerima demonstrasi di ha lama kantor Gubernur. Salah satunya pemenuhan hak-hak buruh. “Sebenarnya kami ingin kesejahteraan buruh itu diawali perbaikan-perbaikan hak-haknya. Jadi bukan hanya sekader ukuran UMR dan UMP tapi hak lainnya juga,” tutur Herman Deru. [dbm]

Sumber: Indopolitika.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *