LSPP: Jika Pilkada OKU Timur Digelar Hari Ini, Enos-Yudha Unggul

  • Whatsapp

Dinamika politik menjelang perhelatan Pemilihan Bupati Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur) semakin hangat. Sejumlah kandidat pasangan calon terus bergerak merebut hati dan simpati masyarakat demi kursi Oku Timur satu.

Kabar terbaru, Lembaga Studi Pemilu dan Politik (LSPP) merilis hasil survei pemetaan dan opini publik terkait tingkat popularitas dan elektabilitas kandidat di OKU Timur. Direktur eksekutif LSPP, Sandy Sutikno menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan survei dengan menggunakan metode random sampling namun komunikasi dengan responden dibatasi pada hanya beberapa pertanyaan pokok atau yang sering disebut quick survey.

Read More

Survei dilakukan secara tatap muka dengan 440 responden, sejak tanggal 2 Juni sampai tanggal 6 Juni 2020, menggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen dan margin error sebesar 4,8 persen.

LSPP menyebut jika pilkada digelar hari ini, maka pasangan Enos-Yudha diprediksi akan memenangkan kontestasi. Dengan prosentase pasangan Enos-Yudha sebesar 23,49 persen. Kemudian disusul Pasangan Fery-Meilinda di angka 18,22 persen dan terkahir pasangan Ruslan-Herly di angka 15,51 persen. Sementara yang menjawab rahasia sebanyak 9,64 persen dan menjawab Tidak Tahu/Tidak Jawab sebanyak 33,14 persen.

Sendy menambahkan, sebanyak 66,86 persen sudah memutuskan memilih. Sebanyak 9,64 peraen sudah memituskan namun menyatakan rahasia. Sisanya 33,14 persen menyatakan belum memutuskan. “Pilkada OKU Timur nanti akan berlangsung panas. Responden ternyata banyak yang mengetahui kalau tiga bakal paslon itu masih ada hubungan keluarga dengan Gubernur Sumsel Herman Deru,” ujarnya kepada media, Rabu (10/06) kemarin.

Ditempat terpisah, Pengamat Politik Sumsel, Bambang Kurniadi menilai hasil survei tersebut menunjukkan peta dukungan masyarakat OKU Timur pada Pilkada mendatang. Menurutnya, figur Enos yang dekat dengan masyarakat dan diketahui mendapat restu Herman Deru juga menjadi alasan masyarakat melabuhkan pilihannya.

“Temuan LSPP ini saya kira membuktikan bahwa Enos mampu merebut hati dan simpati masyarakat. Terlebih menurut hemat saya faktor kedekatan Enos dengan masyarakat dan ketokohan Deru yang sangat mengakar” ungkapnya, Kamis (11/06).

Namun begitu, Bambang mengatakan hasil survei tersebut bisa saja berubah seiring dengan semakin gencarnya lawan politik Enos-Yudha di masyarakat. Senada dengan Sendy, Bambang pun mengakui bahwa figur Yudha sebagai wakilnya kurang begitu berpengaruh besar dalam mendongkrak elektabilitas pasangan tersebut.

“Sekalipun Yudha adalah anak kandung Bupati yang tengah menjabat, tapi saya pikir belum memberikan dampak elektoral yang signifikan. Hal ini menurut saya lantaran gerakannya yang belum maksimal. Jadi tidak ada solusi selain Yudha harus turun secara eksesif ke bawah,” ujarnya.

Menurut Bambang, jika dalam waktu yang tersisa dimanfaatkan secara serius oleh pasangan tersebut, maka bisa dipastikan pasangan Enos-Yudha dapat meraih dukungan yang lebih signifikan.

“Nampaknya situasinya masih sangat dinamis, perubahan eskalasi politik masih sangat mungkin terjadi. Apalagi jika kedua figur (Enos-Yudha) lebih maksimal merebut hati masyarakat, bisa jadi prosentase dukungan masyarakat lebih besar,” pungkasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *