Lanosin: Peran dan Fungsi Koperasi Harus Dioptimalkan

  • Whatsapp
Enos

OKU Timur – Badai covid-19 atau corona telah menghantam perekonomian masyarakat secara menyeluruh. Tidak hanya bisnis usaha skala besar, usaha kecil pun terkena dampat akibat lumpuhnya perekonomian. Alih-alih pemerintah berjanji akan menanggung biaya hidup rakyat terdampak pandemi, rakyat malah semakin mengeluh karena program bantuan pemerintah belum mencukupi segala kebutuhan harian.

Dalam rangka menyambut Hari Koperasi Nasional (HKN) ke 73 tahun 2020, calon Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur) H. Lanosin ST berharap kepada seluruh koperasi di Indonesia khususnya di Kabupaten OKU Timur untuk berperan serta membantu meringankan beban masyarakat di tangah pandemi saat ini.

Read More

“Selamat hari koperasi ke 73, mari bersama-sama meningkatkan kesadaran diri untuk peduli terhadap perekonomian masyarakat yang saat ini mengalami kesulitan karena dampak dari pandemi covid-19,” kata Enos, sapaan akrab H Lanosin, kepada media di Kawasan Martapura, Minggu (12/07).

Adik kandung Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru ini menjelaskan, peringatan hari koperasi saat ini harus dijadikan momentum untuk terus mengoptimalkan peran dan fungsi koperasi. Karena menurut Enos, koperasi merupakan sebuah lembaga yang mampu bertahan dalam situasi apapun. Dan itu sudah terbukti ketika krisis ekonomi pada tahun 1998 banyak bisnis yang ambruk.

Untuk itu, pihaknya menyerukan kepada seluruh pemangku atau pelaku koperasi untuk memberikan kemudahan pinjaman dengan bunga serendah mungkin kepada pelaku saha kecil menengah (UKM) agar bisa menghidupkan kembali usahanya dengan baik. Tentu semua koperasi sudah melakukan itu sebelumnya, akan tetapi Enos menegaskan, jangan menunggu pelaku usaha mendatangi koperasi, namun pihak koperasi harus menjemput bola dengan mengidentivikasi para pelaku UKM.

“Ini bagian dari upaya penyelamatan ekonomi, pemerintah harus sigap dalam menangani hal ini. Pemerintah daerah punya yang namanya dinas koperasi dan UMKM yang seharusnya menjadi garda paling depan untuk membantu memulihkan ekonomi dan usaha masyarakat,” tegas Enos.

Tidak hanya itu, Enos juga mengajak pelaku koperasi untuk melibatkan anak muda atau generasi milenial sebagai penggerak koperasi secara digital. Menurutnya, anak muda yang sudah terbekali teknologi sangat berpotensi untuk menggerakkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) melalui e-commerce yang dengan cepat menghubungkan produsen UMKM dengan pembeli.

“Koperasi harus melakukan transformasi di era digital agar tidak ketinggalan. Dan ini juga bagian dari memberikan peluang generasi muda untuk menciptakan lapangan kerja secara mandiri. Tentu harus dilakukan pembinaan dan pendampingan, agar bisa berkembang dan berkelanjutan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, ke depan jika dirinya diamanahi menjabat sebagai Bupati OKU Timur akan terus melakukan sinergi dengan semua pihak termasuk koperasi dan pelaku UMKM agar terus bisa mengembangkan usahanya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Mohon doanya saja, mari bersama-sama wujudkan OKU Timur yang lebih maju dan mulia,” pungkasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *