Lanosin Berkomitmen untuk Kembangkan Ekonomi Kreatif di OKU Timur

  • Whatsapp

OKU Timur – Dalam rangka ingin meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur) Calon Bupati H Lanosin ST berkomitmen untuk mengembangkan ekonomi kreatif dengan mendorong sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Pria yang akrab disapa Enos ini menjelaskan, banyak hal yang bisa dilakukan pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, salah satunya melalui peran UMKM. Karena menurut Enos, UMKM sangat potensial untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lebih tinggi lagi.

Read More

“Selain bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, peran UMKM diharapkan bisa menyerap tenaga kerja lokal khususnya untuk ibu-ibu rumahan. Dan ini sangat membantu untuk kesejahteraan mereka,” kata Enos, kepada media di kawasan Belitang, Kamis (04/06).

Untuk mengembangkan sektor UMKM, lanjut Enos, selain dibutuhkan inovasi-inovasi untuk pengembangan usaha juga perlunya pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM secara berkelanjutan.

“Untuk mengembangkan UMKM, tidak hanya bicara permodalan saja, namun pelaku UMKM juga diperlukan SDM yang mumpuni agar memiliki inovasi untuk meningkatkan kualitas produk UMKM,” tegasnya.

Adik kandung Gubernur Sumsel Herman Deru ini juga mengungkapkan, Kabupaten OKU Timur memiliki potensi sumber daya yang sangat banyak. Tentunya dengan potensi daerah yang ada harus dikembangkan oleh masyarakatnya. Seperti beberapa hasil pertanian juga bisa diolah dan dikembangkan menjadi produk unggulan daerah.

Tidak hanya itu, pemerintah pun diminta untuk mempermudah akses bagi para pelaku UMKM, seperti permodalan dan membantu mempromosikan produk. Oleh sebab itu, Enos berkali-kali menyatakan bahwa ke depan peran Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) harus benar-benar digalakkan.

“BUMD akan mengakomodir dan membantu kebutuhan masyarakat di semua sektor termasuk UMKM, jadi masyarakat tidak perlu bingung terkait dengan permodalan atau pemasaran produk, kita akan fungsikan BUMD,” tegasnya.

Selain peran BUMD, Enos menambahkan, ke depan terkait dengan promosi dan pemasaran produk, pihaknya akan memaksimalkan strategi pemasaran secara digital. Ia akan melibatkan kelompok generasi millenial untuk membantu mengembangkan pemasaran digital secara optimal.

“Kita tahu saat ini digital marketing adalah solusi untuk mempercepat dan memperluas penjualan produk UMKM. Dengan memaksimalkan teknologi digital, pelaku UMKM tidak perlu modal besar untuk membuka lapak atau toko, karena saat ini sudah tersedia secara digital dan jangkauannya juga sudah lintas provinsi dan negara,” pungkas Enos.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *