Ikut Donor Plasma, Menko Airlangga Ternyata Pernah Positif Covid-19

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Publik dikejutkan dengan kabar bahwa Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ternyata pernah positif terpapar virus corona atau Covid-19.

Kabar bahwa Airlangga penyintas Covid-19 diketahui dari acara ‘Pencanangan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen’ yang disiarkan secara live dari youtube Kemenko PMK, Senin (18/1/2021). Dalam acara tersebut Menko Airlangga bersama dengan sejumlah pendonor lain terlihat sedang melakukan pendonoran plasma konvalesen.

Read More

Donor plasma konvalesen bisa dilakukan oleh orang yang telah sembuh dari penyakit Covid-19. Dengan ikut serta tersebut, maka Airlangga termasuk sebagai penyintas virus corona.

“Bapak Airlangga yang pada hari ini menjadi salah satu penyintas yang mendonorkan plasma konvalesennya,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam sambutannya dalam acara tersebut.

Muhadjir menambahkan gerakan donor plasma konvalesen ini sengaja digelar pemerintah untuk membantu proses penyembuhan pasien positif Covid-19.

“Perlunya mendorong dan memfasilitasi para penyintas atau mereka yang pernah terinfeksi Covid-19 agar dengan sukarela mendonorkan plasma konvalesen untuk kepentingan pengobatan bagi penderita Covid-19,” ujarnya.

Harapannya, donor plasma bisa mempercepat kesembuhan para pasien positif Covid-19. Hal ini perlu karena fasilitas penanganan Covid-19 semakin terbatas.

Donor plasma konvalesen ini dilakukan untuk memberikan sel darah yang sudah membentuk antibodi dari Covid-19 yang ada di tubuh pasien yang sudah sembuh ke pasien yang masih terjangkit virus, sehingga antibodi di dalam sel darah yang didonorkan bisa membantu pasien untuk sembuh lebih cepat dari Covid-19. [rif]

Sumber: Indopolitika.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *