Enos: Masyarakat Harus Membantu Peran dan Tugas Kepolisian

  • Whatsapp

OKU Timur – Dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-74 Tahun 2020, calon Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur) H. Lanosin atau Enos, mengajak masyarakat untuk bersinergi dengan kepolisian guna menciptakan keamanan dan ketentraman daerah.

“Selamat Hari Bhayangkara ke 74, mari bersama kita perkuat sinergi dengan lembaga kepolisian untuk mewujudkan keamanan dan ketentraman daerah,” kata Enos, saat ditemui awak media, di posko pemenangan Enos-Yudha di kawasan Martapura, Kabupaten OKU Timur, Rabu (01/07) siang.

Read More

Pihaknya juga menyampaikan bahwa sinergi antara masyarakat dengan penegak hukum dalam hal ini kepolisian adalah keniscayaan. Menurutnya, masyarakat harus membantu peran dan tugas kepolisian jika OKU Timur ingin tetap aman dan damai. Ia menegaskan, kepolisian dan masyarakat itu saling membutuhkan. Enos mencontohkan, beberapa kasus kejahatan hingga penyidikan kepolisian banyak terungkap berkat bantuan dari masyarakat. Begitu pun sebaliknya, masyarakat juga sangat membutuhkan kepolisian untuk mendapatkan rasa aman dalam kehidupan sehari-hari.

“Maka sinergi dalam hal ini adalah keterlibatan masyarakat, untuk berani melaporkan dan membantu kepolisian untuk menghentikan tindakan-tindakan kejahatan yang meresahkan warga. Dan hentikan tindakan main hakim sendiri, kembalikan segala sesuatu kejahatan pada pihak yang berwajib,” tutur Enos.

Selain itu, Adik kandung Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru (HD) ini menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya dan terima kasih atas kinerja aparat kepolisian khususnya di Kabupaten OKU Timur karena sudah menjalankan tugas berat untuk memerangi penyebaran wabah Covid-19.

“Selain berperan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat agar situasi tetap kondusif. Kepolisian juga sangat siaga untuk menanggulangi penyebaran covid-19 saat ini. Mereka selalu memastikan masyarakat agar patuh pada protokol kesehatan. Ini benar-benar tugas berat yang harus diapresiasi,” ujar Enos.

Ia menjelaskan bahwa Kabupaten OKU Timur  sebagai salah satu gerbang masuk menuju provinsi Sumsel harus dalam kondisi aman. Karena itu, Enos akan memaksimalkan fungsi yang ada dan utamanya berkolaborasi dengan aparat kepolisian.

Ke depan, Enos menambahkan, sistim keamanan lingkungan harus dijalankan dengan lebih modern. Pihaknya pun akan mendorong dibangun pos-pos polisi baik di tingkat sub-sektor atau pembantu polsek maupun di tingkat desa. Peran babinkamtibmas akan disupport secara serius.

“Kita bisa bangun internet desa lalu di beberapa titik strategis bisa dipasang CCTV yang terkoneksi ke sistim bersama. Kerena itu sangat penting melakukan kolaborasi terutama dengan aparat kemanan dalam hal ini pihak kepolisian, agar OKU Timur tetap aman dan tentram,” pungkasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *