Enos Ingin Revitalisasi Sektor Pertanian dan Perkebunan OKU Timur

  • Whatsapp

OKU Timur РMemanfaatkan potensi daerah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat adalah salah satu komitmen calon bupati Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur) H Lanosin ST. Menurut pria yang kerap disapa Enos ini, potensi daerah seperti pertanian dan perkebunan harus dilakukan revitalisasi  agar hasilnya meningkat.

“Kami meyakini jika sektor pertanian dan perkebunan direvitalisasi akan membuat perekonomian daerah semakin meningkat, tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Enos, di Kecamatan Belitang, Sabtu ( 06/06).

Read More

Enos menjelaskan, revitalisasi pertanian dan perkebunan menjadi sangat penting dalam konteks sosial, ekonomi dan budaya masyarakat. Karena pertanian dan perkebunan merupakan salah satu sektor utama dalam struktur ekonomi masyarakat OKU Timur.

“Kabupaten OKU Timur terkenal sebagai kawasan lumbung pangan, tentu label itu harus dipertahankan. Dan untuk mempertahankan hal tersebut harus disertai dengan berbagai inovasi dan pengembangan,” tegas Enos.

Saat ini, komoditas hasil pertanian dan perkebunan di OKU Timur seperti buah-buahan, beras, karet, sawit dan kopi harus benar-benar dikembangkan guna meningkatkan hasil produksi. Terkait komoditas Kopi, Enos menyebut beberapa tahun belakangan, tren konsumsi kopi dan usaha kedai kopi di Indonesia sedang berkembang pesat.

“Kita harus ingat, OKU Timur juga memiliki komoditas kopi, seperti kita lihat di kecamatan Jayapura yang sudah dijadikan sebagai sentra perkebunan kopi. Ini harus kita tingkatkan dan kembangkan di tempat lainnya di OKU Timur,” katanya.

Mengingat potensi perkebunan kopi seperti di Kecamatan Jayapura. Enos menambahkan, bahwa meskipun kopi bukan komoditi utama di OKU Timur. Dirinya meyakini bahwa OKU Timur bisa menghasilkan kopi-kopi yang berkualitas.

Ke depan jika terpilih memimpin OKU Timur, Enos berkomitmen akan mensupport masyarakat di kecamatan lain untuk melakukan pembibitan kopi, karena di beberapa kawasan kultur atau jenis tanah dan cuacanya sangat mendukung untuk menghasilkan kopi.

“Kita juga ingin menjadikan OKU Timur sebagai kawasan yang punya potensi komodi kopi dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Tentu ke depan pemerintah harus andil dalam mewujudkan tujuan tersebut,” pungkas Enos.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *